// //

Bromo Menyimpan Misteri, Akar Ghoib Peninggalan Majapahit

Banyak destinasi wisata di Jawa Timur yang terkenal hingga mancanegara. Namun, dibalik ketenaran tersebut ada menyimpan cetira mistis atau sebuah misteri yang masih sebagian orang percaya dan sebagian lagi tidak, gunung Bromo salah satunya, dibalik keindahan panoramaya sebagai gunung terindah ke tiga dari gunung terbaik di dunia, Bromo menyimpan suatu misteri hingga saat ini. Apa saja misteri yang terjadi di wisata Bromo ini?.

Bila berkunjung ke Bromo sebaiknya berhati-hati kata Darto warga sujku tengger. Sebenarnya ada apa dibalik keindahan Bromo ini?. "Tidak sedikit pengunjung yang kesasar, tersesat dan kebingungan pada saat kembali menuju arah semula untuk pulang" Kata Darto. Padahal pada saat itu tidak ada debu tebal ataupun kabut yang menyelimuti padang pasir. Hal ini menurut warga suku Tengger karena Bromo memang menyumpan banyak misteri. Dan menurut kepercayaan warga Tengger kaldera atau lautan pasir Bromo tersebut terdapat sebuak akar ghoib dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa. Apa penyebab pengunjung Bromo kesasar di lautan pasir tersebut?.
sejarah bromo, misteri bromo, sejarah bromo, bromo tour, travel bromo

Peninggalan Majapahit di Gunung Bromo

Dari kejadian yang di alami oleh para pengunjung wisata Bromo ada beberapa penyebab yang dilakukan oleh wisatawan tersebut. Tersesatnya wisatawan yaitu sebagian besar karena berbicara kotor pada saat tour berlangsung di kawasan TNBTS ( Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ). Selain itu mereka juga berbuat tidak baik seperti membuang sampah pada tempat-tempat suci atau kencing sembarangan bahkan ada yang mesum atau melakukan zinah di tempat-tempat suci. Seperti pura di tengah lautan pasir yang biasanya digunakan untuk sembahyang dan acara besar seperti hari raya nyepi, kasodo, dan persembahan lainnya. Kenapa?. Bromo ini memang memiliki keterkaitan dengan dewa brahma. Dari namanya saja sudah terlihat Bromo - Brahma seperti yang saya tulis di Sejarah Bromo beberapa waktu lalu. Jadi hingga sampai saat ini Bromo adalah peninggalan suci para Dewa yang masih menyimpan sesuatu mistis.

"Saya percaya akan adanya akar ghoib itu" Ujar Ketua PCNU Kab. Probolinggo, KH. Syaiful Hadi yang telah terjadi pembicaraan hangat tentang adanya akar ghoib di lautan pasir Bromo tersebut. "Dari mata batin saya di Bromo itu tudak hanya akar ghoib saja melainkan banyak senjata-senjata peninggalan kerajaan Majapahit yang masih tersipan disitu" Ungkap KH. Syaiful Hadi. "Tidak sembarangan orang yang bisa mengambilnya, harus menggunakan  kekuatan Ilahi karena yang menyimpannya adalah makhluk halus penunggu kawasan itu" Imbuhnya.

Tips Berwisata ke Bromo Agar Selamat Dari Maut

Dari kejadian yang menimpa wisatawan tersebut, mendapat himbauan kepada seluruh wisatawan yang akan menuju ke Bromo untuk mengerti tata cara sebelum melakukan penjelajaan atau tour ke Gunung Bromo ini. Kami akan memberikan tips untuk Anda agar nyaman serta selamat dalam melakukan wisata ke Bromo.

Niat Dan Etika
Pertama harus meniatkan diri Anda yaitu berniat untuk berlibur ke Bromo, menghilangkan penat selama kerja di Kota. Etika baik tetap ada dalam jiwa ketika sudah berada di kawasan Bromo seperti membuang sampah sembarangan, kencing di tempat suci atau pohon besar, berkata kotor dan perilaku negatif lainnya.

Perlengkapan Tour
Jangan merasa Anda kebal terhadap dingin, sebagian wisatawan gengsi memakai jaket tebal syal, sarung tangan dan sepatu di penanjakan 1 tempat dimana untuk melihat view Bromo secara keseluruhan. Akibatnya menggigil dan kedinginan hebat dan hampir pingsan di area view point sebelum menikmati sunrise.

Mematuhi Program Tour
Sebagai wisatawan yang baik, lebih baik mematuhi program tour yang telah dibuat oleh pihak travel terutama saat di lapangan atau tempat wisata. Kita harus menghargai perkataan atau saran yang di berikan oleh guide bahkan masyarakat suku Tengger.

Artikel Menarik