// //

Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo

paket tour bromo madakaripura
Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo Jawa Timur merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa yang berdomisili di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini masih berada pada kawasan Taman Nasional Bromo tengger Semeru (TNBTS), namun lokasi yang cukup jauh kira-kira 1 jam perjalanan dari Wisata Gunung Bromo. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Madakaripura ini mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara karena pesona alam yang begitu memukau. Keindahan Air Terjun Madakaripura ini memang menghipnotis pengunjung dari berbagai kalangan karena kealamiannya dan bentuk tebing menyerupai tabung lingkaran berdiameter sekitar 25 meter dan memiliki ketinggian tirai air 200 meter. Uniknya Air Terjun Madakaripura ini memiliki lebih dari 3 tirai air sehingga pada saat berada di lokasi seolah seperti hujan.

harga tiket masuk air terjun madakaripuraHarga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura sangat murah, akses menuju Air Terjun Madakaripura memang cukup menguras energi, dari pintu masuk atau parkiran mobil harus berjalan kaki sekitar 30 menit untuk menuju Airterjun Madakaripura dan melihat secara langsung. Semua ini telah dipandu oleh guide local yang akan mengantarkan dan akan menjelaskan tentang Air Terjun Madakaripura selama perjalanan sorftrekking Jalan setapak yang dilalui cukup menuju adrenalin yaitu berupa batu-batuan besar adakala berupa tanah yang datar dan juga air yang jernih, karena trek yang di tapaki adalah sungai kecil yang beriak dan di kelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang hijau. Hal ini dapat mengurangi rasa lelah karena mata dimanjakan oleh pemandangan hijau alami. Pengunjung tidak perlu susah payah membawa bekal yang terlalu berat karena disepanjang jalan setapak terdapat toko-toko kecil yang menjual aneka makanan. Tak lupa pula membawa payung atau jas hujan, karena pada saat di lokasi pengunjung akan terkena percikan air dari atas tebing, namun tidak usah kuatir karena di sekitar lokasi Air Terjun Madakaripura terdapat penyewa'an atau rental payung dan jas hujan. Dan lagi ada penjual plastik kresek untuk melindungi barang bawaan seperti camera, handphone dan lain-lain.

Sejarah Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Sejarah Air Terjun MadakaripuraAir Terjun Madakaripura sangat berbau mistis, Tempat ini merupakan tempat ritual untuk Agama Hindu saat masa kejayaan kerajaan Majapahit. Asal Usul / Cerita Legenda Air Terjun Madakaripura ada kaitannya dengan kerajaan Majapahit. Dahulu kala ada seorang patih Majapahit yang bernama Gajah Mada yang terkenal dengan sumpahnya yaitu "Sumpah Palapa" pada masa pimpinan Raja Hayam Wuruk yang terkenal dengan gagah dan bisa mempersatukan Nusantara dengan beragam pulau. Gajah Mada meminta ijin kepada Raja Hayam Wuruk untuk meninggalkan gelar mahapatihnya dan mempunyai tujuan untuk bersemedi guna menikmati masa tua dan meninggalkan hal-hal duniawi yang menurutnya hanya kenikmatan sesaat. Dengan rasa hormat Raja Hayam Wuruk mengijinkan permintaan mahapatih tersebut. Mulailah mahapatih bersemedi di suatu tempat yang indah memiliki aliran sungai dan terdapat air terjunnya ya itu Madakaripura. Madakaripura sendiri merupakan nama yang berasal dari bahasa Jawa pemberian mahapatih Gajah Mada yang berarti Mada Kari Pura "Tempat Tinggal Terakhir". Masyarakat sekitar sangat tentram dan harmonis karena kebaikan mahapatih Gajah Mada membebaskan pajak untuk wilayah tersebut. Sampai sekarang jika anda berkunjung ke Wisata Air Terjun Madakaripura anda akan di temui patung mahapatih Gajah Mada yang gagah sebagai ucapan selamat datang.

Demikian artikel singkat mengenai Wisata Airterjun Madakaripura beserta Sejarah atau Cerita Rakyat Madakaripura. Semoga dapat membantu dan menambah pengalaman anda.