// //

Negeri di Atas Awan Puncak B29 Senduro Lumajang

b29, puncak b29, negeri diatas awan, desa tertinggi di jawa
Wisata Puncak B29 Desa Argosari Senduro Lumajang ini merupakan desa tertinggi di Jawa Timur. Jika dulu Indonesia di hebohkan dengan trekking Semeru dan Ranu Kumbolo karena salah satu film terkenal pada waktu itu, kali ini muncul objek wisata baru yang meledak terkenal di negeri kita yaitu B29. Objek wisata ini masih termasuk dalam TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Jika Wisata Bromo masih di klaim oleh 4 kabupaten di Jawa Timur diantaranya; Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, kali ini puncak B29 hanya berada di Kab. Lumajang saja. Namun, masih termasuk warga tengger (suku tengger).

Puncak B29 Argosari Senduro disebut Negeri di Atas Awan

Puncak B29 mengapa disebut negeri di atas awan?. Di desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang terdapat sebuah bukit dengan ketinggian yang dimiliki mencapai 2900 mdpl. Lebih tinggi dari Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2392 mdpl. Karena di ketinggian tersebut terdapat sebuah desa yang masih disinggahi oleh masyarakat sekitar dan desa tersebut adalah desa terakhir yang merupakan desa teratas dan tertinggi di pulau Jawa. Maka, desa tersebut disebut negeri di atas awan. Mengagumkan bukan?. Memang di Jawa bagian timur ini banyak terdapat objek wisata alam yang datang langsung dari sang pencipta. Konon katanya karena banyak peninggalan kerajaan-kerajaan kuno yang berada di Kabupaten Lumajang ini.

Rute Akses Jalan Menuju Puncak B29 Lumajang

b29, puncak b29, negeri diatas awan, desa tertinggi di jawa
Setelah mengetahui letak puncak b29 dari website kami, tentu Anda ingin mengetahui secara langsung seperti apakah desa Argosari yang sesungguhnya. Sedikit informasi dari kami, jika Anda / kalian ingin menjelajah ke b29 ini kami sarankan menggunakan kendaraan pribadi. Karena transportasi umum sulit didapat atau hampir tidak ada. Kendaraan roda dua sangat membantu perjalanan. Dari Kota lumajang menuju ke Kecamatan Senduro dan Desa Argosari menempuh jarak sekitar 40 km. Stamina fisik harus dipersiapkan terutama stamina kendaraan. Kami rekomendasikan untuk Anda yang menggunajan kendaraan roda dua untuk menggunakan motor bebek bergigi atau menggunakan motor laki berkopling. Jika menggunakan matic dikhawatirkan tidak kuat karena sepanjang perjalanan akan menemui jalanan yang rusak dan menanjak.

Sesampai di daerah puncak b29 terdapat sebuah perdesaan menerima jasa parkir yang akan membantu menjaga kendaraan Anda. Jangan khawatir penduduk sekitar baik dan ramah karena merupakan penduduk asli Jawa suku tengger yang merupakan keturunan asli jaman Majapahit. Mayoritas penduduk sekitar beragama hindu dan memiliki budaya yang sangat kental dengan leluhur seperti Roro anteng dan Joko seger. Mata pencaharian masyarakat sekitar yaitu bercocok tanam seperti; bawang, kol, kentang, wortel dll.

Perjalanan dilanjutkan sekitar 15 menit untuk menuju ke Puncak B29. Dimana, merupakan titik utama b29 yang mendapat banyak perhatian masyarakat Indonesia karena pemandangannya. terdapat dua sisi yang bisa dilihat yaitu disisi timur Kabupaten Lumajang dan disisi barat ada pemandangan wisata gunung Bromo dan gunung bathok. Namun, pemandangan utamanya adalah awan putih yang menyerupai ombak. Jika Anda berfoto ditanah ini seperti berfoto puncak Semeru berawan putih jangan lupa untuk mengabadikan momen indah yang tidak terdapat di tempat lain di Indonesia. Jelas mengapa pemerintah Lumajang menamakan tempat ini dengan nama Puncak B29 Negeri di Atas Awan. Karena merupakan desa tertinggi di pulau jawa dan memiliki ketinggian 2900mdpl

Baca juga objek wisata di bawah ini