// //

Bukit Kembang Lumbang Probolinggo

Bukit Kembang Lumbang Probolinggo

bukit lumbang, bukit kembang lumbang, bukit puncak sari

Bukit Kembang Lumbang Probolinggo - Anak-anak hits kekinian pasti sudah tehu duluan tentang objek wisata ini. Ya memang mimin telat posting nih... tapi sepetrinya mimin memang harus posting wisata baru ini abis kerennya minta ampun hehehe. Ya kali ini Paket Bromo Tour akan mengulas tentang keindahan alam yang masih dalam naungan Taman Nasional  Bromo Tengger Semeru. Jika kita memperbincangkan tentang keindahan alam di gunung bromo, tentu tiada habisnya. Banyak lokasi yang memiliki spot terbaik untuk membidik sebuah gambar yang bernuansa alam. Diantaranya Penanjakan 1, Setuni point, Bukit cinta dan lain sebagainya. Moment - moment penting di saat berpelancong di gunung bromo adalah menikmati keindahan matahari terbit dan panorama alam gunug bromo, batok dan  semeru jika kita berdiri dari perbukitan yang kita sebukan di atas. Namun kali ini,terdapat spot baru serta layak di jadikan destinasi wisata di gunung bromo sebagai pelengkap kunjungan anda,yaitu Bukit Kembang.

Bukit Kembang yaitu perbukitan yang memiliki ketinggian mencapai 2553 mdpl. Bukit ini, terletak di Desa Sapih, Kecamtan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. tempat ini sangat jauh dari permukiman warga. Berjarak 8 km yang harus di tempuh bagi pelancong yang ingin sampai di bukit kembang, itupun hanya bisa di lalui motor. Bagi pelancong yang kebetulan bawa roda empat terpaksa harus terparkir di perkampungan sekitar desa sapih. Karena medan yang harus di lalui masih berupa tanah liat, tentu cukup licin jika terkena hujan. Sepanjang perjalanan terdapat tikungan tajam dan sempit hanya bisa di lewati satu kendqraan motor saja. Dan bila berlawan arah denga kendaraan lain harus menepi salah satu.

Wisata Bukit Kembang Ptobolinggo

tiket bukit kembang, tiket bukit lumbang

Bukit kembang bisa di katakan objek wisata yang masih perawan, karena masih sedikitnya para wisatawan khususnya di jawa timur bersinggah di tempat ini, meski sudah berlibur di gunung bromo. Awal mulanya bukit kembang di nobatkan sebagai objek wisata alam yang layak di nikmati keindahanya, ketika terjadinya bencana alam yang di sebabkan erupsi gunung bromo pada tahun 2011 silam. Kebetulan pada saat itu, tim investigasi bencana alam berkunjung ke desa sapih untuk mengevakuasi warga yang tekena dampak letusan gunung bromo. Setelah itu, mereka mengelilingi daerah sekitar hingga mencapai di bukit kembang. Dari situ tim investigasi memberi saran kepada warga sekitar desa sapih, bahwasannya bukit yang mereka kunjungi meliki keindahan yang layak di jadikan destinasi wisata. Karena di tempat itu, banyak tumbuhan bunga sehingga oleh warga sekitar di juluki Bukit Kembang. Keindahan yang dapat kita temui di saat berkunjung di bukit kembang yaitu bermacam jajaran bunga yang tumbuh dengan sendirinya. Jenis bunga tersebut terdiri dari bunga mawar, bunga edelwais serta bunga kerisan  berwarna kuning dan putih yang sering di sebut bunga desa oleh penduduk sekitar.

Perjalanan Menuju Bukit Kembang

lokasi bukit kembang, perjalanan bukit kembang


Meski perjalanan cukup menguras tenaga, namun kelelahan tersebut akan terbayar mahal di saat kita tiba di bukit kembang ini. Sejauh mata kita memandang terdapat ponarama alam yang sangat menawan nan indah. Apalagi di saat malam tiba, gemerlapan lampu - lampu di pertengahan kota di sekitar probolinggo hingga surabaya akan terlihat jelas. Di arah sebelah timur kita bisa melihat lampu - lampu yang terpasang di setiap bagian bangungan PLTU Paiton, bahkan Pulau Bali dan Madura juga tampak jelas di saat cuaca cerah.

Khususnya bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke bukit kembang, jangan lupa untuk membawa pakaian pelindung dingin, karena suhu di atas puncak bukit kembang mencapai 5 derajat celcius di saat musim kemarau. perlengkapan yang harus kita bawa diantaranya jaket tebal, sepatu, tenda bila ada rencana mau berkemping dan aksesoris lainnya. Kebetulan bukit kembang masih dalam tahap pengembangan, tentu fasilitas umum belum memadai sepenuhnya, hanya saja toilet dan musholla sederhana yang sudah bisa kita fungsikan. Dan yang terpenting, sebagai amunisi untuk kesehatan kita terjaga, kita harus menyediakan makanan dari bawah serta obat - obatan.