// //

Keindahan Bukit Kawah Wurung Bondowoso

kawah wurung bondowoso

Keindahan Bukit Kawah Wurung Bondowoso

Bukit Kawah Wurung Bondowoso - Jika kita berfikir maksud atau definisi dari kawah wurung ini, tentu tentu agak sulit untuk membayangkan. Tempat ini memang tidak terlalu ramai di bicarakan publik, namun di saat ini sudah mulai di kenal dan di percaya bahwasannya keindahan bukit kawah wurung yang terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso sangat layak di jadikan sebagai destinasi wisata di Jawa Timur. Sedangkan lokasi dari kawah wurung ini tidak terlalu jauh dengan objek wisata Kawah Ijen, yang sudah lama di kenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara akan keindahannya kian sangat fantastik. Nah!  maka dari itu,  Jangan lewatkan jika anda berwisata di kawah ijen untuk meluangkan waktu bersinggah di bukit kawah Wurung ini.

Kawah Wurung merupakan bukit berukuran sedang yang di tumbuhi oleh banyak rumput hijau menyerupai padang savana atau bikit teletubis setiap hari sering kita tengok di tayangan TV..  Kawah Wurung memiliki banyak bukit berbentuk seperti gelembungan serta terselimuti oleh rumput hijau yang menyerupai karpet. Menurut kisah sejarah fakta di lokasi warga menuturkan bahwasannya bukit kawah wurung pada awalnya bagian dari keldera letusan dan bentuk dari pada gunung kawah ijen. Namun jika di pandang secara fisik, bukit kawah wurung tidak mengeluarkan asap seperti gunung aktif pada umumnya.

Jalan dan Rute Kawah Wurung Bondowoso

jalan menuju kawah wurung, rute menuju kawah wurung

Rute menuju ke kawah Wurung ini sangat mudah di jangkau, wisatawan bisa menggunakan motor atau mobil sebagai sarana transportasi. Namun sayangnya tidak ada jasa kuda untuk mengantarkan pengunjung berkeliling di sisi lain, seperti kita berkunjung di taman teletubbies gunung Bromo. Akses untuk memasuki kawasan kawah wurung. wisatawan bisa mengambil dari jalur Bayauwangi atau Bondowoso. Banyuwangi ke kawah wurung hanya di tempuh sekitar 1,5 jam dengan satu rute tujuan wisata kawah ijen. Setelah melewati parkiran kawah ijen (Paltuting) wisatawan mengambil jalur Desa belawan  atau perkebunan kopi, setelah menemui rambu-rambu tujan kawah wurung belok kiri.
bukit savana kawah ijen

Jika melalui jalur Bondowoso hanya di tempuh dengan waktu yang sama dengan jalur Banyuwangi. Dengan rute yang sama, jika kita menuju hotel arabica dan hotel katimur wisatawan mengambil jalur kawah ijen, Sebelum tiba di parkiran kawah ijen (Paltuding) wisatwan akan menemui papan nama yang terpangpang jelas di area perkebunan kopi Belawan. Setelah itu besok kanan. dari kedua jalur tersebut, wisatawan akan menemui benyak spot untuk berfoto di alam lias nan hijau memukau.

Namun yang perlu di ketahui di saat wisatawan memasuki area perkebunan kopi. Wisatawan di pungut biaya sebesar 2 ribu rupiah untuk pembuka pintu di pos penjaga perkebunan. setelah itu sehubungan dengan lokasi terpencil, di Kawah Wurung tidak menyedikan penjual makanan atau minuman untuk pengunjung. Jadi sebelum melanjutkan perjalanan di kawah wurung, wisatawan di haruskan membawa bekal dari rumah atau membeli di warung-warung parkiran kawah ijen (Paltuding) sebagai antisipasi camilan Anda.

kawah wurung, taman teletubbies bondowoso

Kawah Wurung Bondowoso memang sudah saatnya untuk dikenal di dunia travel Indonesia dan untuk pecinta travel harus dan wajib untuk mencoba berkunjung kesini. Dosa hukumnya jika Anda mengaku trabeler tapi tidak ingin menjamah Kawah Wurung yang berada di Bondowoso Jawa Timur ini. Saran bagi kami untuk berlibur jangan lupa membawa bekal yang cukup terutama obat-obatan dan juga alat untuk mengabadikan moment seperti kamera, karena moment indah ini tidak ada di tempat lainnya. Abadikan sesuai keinginan seperti foto yang bisa di upload ke instagram atau video yang bisa di upload ke channel youtube Anda. Sekian dari kami semoga bermanfaat. Salam Traveller.

Artikel Terkait