// //

Objek Wisata di Surabaya yang Wajib di Kunjungi


tempat wisata di surabaya

Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Surabaya - Kota Surabaya adalah kota terbesar ke dua di Indonesia setelah Jakarta, dan menjadi Ibu Kota dari Provensi Jawa Timur. Kota Surabaya berpenduduk mencapai 2.785.908 jiwa dengan luas wilayah 333.063 kilo meter persegi. Secara Topografi Surabaya terletak di empat wilayah yaitu sebelah utara berbatasan dengan Selat madura, Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo, sisi barat berbatasan dengan Kabupaten Gresik dan sebelah timur masih berbatasan dengan selat Madura. Kota terbesar nomer dua ini secara umum di kenal dengan kota industri, bisnis dan pendidikan.

Tingkat ekonomi sangat pesat berkembang di Surabaya, tidak heran Kota ini menjadi pusat perdagangan di asia tenggara. Selain itu, Kota Surabaya menjadi poros dalam menyokong perekonomian di Indonesia. Karena penduduk di kota ini mayoritas bergerak dalam bidang jasa, Industri dan perdagangan.

Objek Wisata di Surabaya - Selain itu juga menjadi  pusat pendidikan berkualitas. ribuan siswa dari daerah di Indonesia mengenyam Pendidikan baik dari tingkatan bawah, menengah Hingga tingkatan tinggi. Seperti Universiatas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, dan Institut Technologi Sepuluh November ( ITS ). Berbagai perkembangan sangat pesat di kota Surabaya ini sehingga dapat mencerminkan suatu contoh positif  bagi semua kalangan baik secara pemerintah maupun individu.

Selain menjadi pusat perindustrian, Surabaya juga sebagai Kota pahlawan yang berkaitan penting dengan pertempuran 10 november atas keterlibatannya para pemuda Surabaya tepatnya tahun 1945. Di mana semangat dan tekat kuat yang menjadi modal utama pemuda Surabaya untuk mengalahkan para penjajah Belanda pada waktu itu. Oleh karena itu Surabaya di jadikan pusat kota sekaligus menyandang gelar sebagai Ibu Kota di Jawa Timur.

Tempat Wisata di Surabaya yang Terkenal

Surabaya secara umum di kenal dengan kota tersibuk di Indonesia, dengan kapasitas pentuduk terpesat namun di balik itu semua Kota Surabaya memiliki bayak tempat menarik untuk menghabiskan masa liburan tiba.  Seiring dengan julukan kota pahlawan, kota ini memiliki banyak tempat-tempat bersejarah begitu pula dengan tempat menarik lainnya seperti wisata pantai Genjeran, Wisata Kebun Binatang, wisata jembatan Suramadu dan banyak lainnya. Untuk lebih jelasnya kita rangkum dalam wacana di bawah ini.

Tugu Pahlawan Surabaya

wisata terkenal surabaya

Tugu Pahlawan  menjadi lambang kemerdekaan Republik Indonesia atas keberhasilannya pemuda Surabaya menyingkirkan para penjajah Belanda tahun 1945. Tugu pahlawan dibangun dengan tujuan untuk mengenang dan selalu mengingat para pahlawan yang telah gugur di medan perang dibawah pimpinan oleh Bung Tomo. Selain sebagai tempat wisata di Surabaya, Tugu Pahlawan memiliki isarat penting yaitu bangunan yang terdiri dari 11 ruas dan 10 lengkungan memiliki arti sebuah kejadian pertumpahan darah pada tanggal 10, bulan 11 tahun 1945. Bangunan ini memiliki ukuran tinggi mencapai 42 meter dan berdiameter 31 meter, akan tetapi bentuk dari badan tugu ini menyerupai paku terbalik, jadi semakin ke atas semakin runcing.. Jika berkunjung ke sana, kita kan menemui patung presiden pertama yaitu Ir Sukarno, dan wakilnya Moh. Hatta dengan pose sedang membacakan taks proklamasi dan di sisi tugu terdapat nama-nama pahlawan. Selain itu, di sekitar tugu pahlawan juga terdapat Bangunan menyerupai piramid yaitu sebagai penyimpanan barang bersejarah berkaitan dalam sejarah pemuda Surabaya. Selain sebagai tempat menarik untuk kita kunjungi, jiwa kita akan dibawa ke kehidupan pada jaman penjajahan untuk mengetahui dan mengenang terhadap para pejuang Republik Indonesia yang telah mendahului kita. Sedangkan lokasi dari pada tugu pahlawan ini berada di Jl. Pahlawan, Kelurahan alun-alaun contong, Surabaya.

Museum Sampoerna Surabaya


Bangunan ini terletak di Jl. Sampurna 6, Surabaya. Memiliki model bangunan Kolonial Belanda dengan 4 penyangga berdiri di depan gedung. Bangunan ini di dirikan pada tahun 1862 dan saat ini di jadikan sebuah tempat bernilai sejarah di mana tempat ini di bangun sebagai tempat panti asuhan putra-putri Belanda. Namun tidak lama kemudian, tempat ini di beli oleh Liem Seeng Tee yang berasal dari Tionghoa, untuk di jadikan tempat memproduksi rokok Sampoerna. Saat ini, bangunan tua yang berseni belanda di jadikan tempat wisata sejarah menarik di Surabaya. Jika kita mengkaji lebih dalam tentang musium ini,  berbagai macam benda sejarah yang berkaitan dengan pembuatan rokok terpajang di sana. Disamping sebagai tempat rekreasi di Surabaya, kita akan mengetahui silsilah keluarga besar Sampoerna, serta replika lapak kelontong sebagai tempat merintis pabrik terbesar di Indonesia. Jika anda sedang berwisata ke Kota surabaya sangat disayangkan jika melewati tempat ini karena selain menyimpan nilai bersejarah, tempat ini sangat cocok untuk berfoto.

Monkasel ( Monumen Kapal Selam ) Surabaya

tempat wisata di surabaya yang terkenal

Tempat rekreasi di Surabaya ini Salah satu tempat wisata yang wajib kita kunjungi adalah Musium Kapal selanm atau sering di sebut dengan nama Monkasel Surabaya.  Kapal selam ini bukan sebuah bangunan tiruan dari bentuk kapal selam, melainkan asli yaitu kapal selam pasopati 410 sesungguhnya. Kapal ini pernah di jadikan alat pertempuran dalam merebut pulau Irian Barat. kapal buatan Russia ini memiliki kemampuan taktis dalam melumpukan kekuasaan musuh. Jika kita membahas tentang Museum Kapal Selam ini tentu dapat memberi referensi ilmu tentang alat tempur dan beberapa alat lain yang digunakan di dalam kapal selam ini. Jika wisatawan berkunjung di museum ini juga dapat menonton bioskop atau video yang menceritakan peristiwa perangdi lautan Aru pada masa itu. Wisata di surabaya Selain itu kita dapat bersantai di dalamnya dengan menikmati sajian kuliner khas Surabaya Untuk bisa berkunjung ke Monkasel ini, kita hanya membayar 8 ribu rupiah saja. Bayangkan  betapa kuatnya armada laut indonesia dalam membela Irian Barat hanya di fasilitasi kapal sesempit dan bermuatan berat ini.

Jembatan Suramadu

objek wisata di surabaya

Wisata di Surabaya selanjutnya yaitu Suramadu. Jembatan suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura. Jembatan ini di bangun di perairan selat Jawa dengan tujuan meningkatkan perekonomian, dan pemerataan pendapatan di pulau Madura. Jembatan ini memiliki panjang 5 km dan memiliki jembatan utama yang terdiri dari dua bentang samping dan dan satu bentang utama. Namun di sisi lain, jembatan Suramadu ini justru dapat menarik wisatawan sebagai wisata atau hanya ingin melihat langsung dengan kemegahan jembatan indah ini. Tidak menutup kemungkinan salah satu daya tarik jembatan Suramdu ini adalah desain atau badan bangunan menyerupai jembatan gantung dan tepampang lampu-lampu jalan yang memang menarik jika di lihat pada malam hari. Selain itu, di saat kita melintasi jembatan Suramadu, kita dapat menyaksikan laut selat Jawa membentang di pulau jawa bagian utara. Wisatawan berkendara dengan pelan dan di larang keras berhenti di sepanjang jalan, namun jika Anda memiliki hobi selfie atau foto cukup di dalam mobil saja atau jika perlu anda bisa menyewa prahu dari pelabuhan tanjung perak. Sehingga anda dapat mengambil foto dengan keselutruhan badan jembatan Suramadu.

Bonbin ( Kebun Binatang Surabaya )

tempat wisata di Surabaya

Bonbin atau yang biasa disebut Kebon Binatang Surabaya ( KBS ) dibangun pada jaman kolonial belanda yaitu sekitar tahun 1916. Merupakan tempat wisata kebun binatang dengan jenis berbeda-beda. Semua hewan didunia ada di kebun ini seperti Jerapah, Macan, Unta, Kuda Nil dan sebagainya. Perlu diketahui jika berkunjung ke sini wisatawan dapat berkeliling dengan bebas melihat secara langsung hewan baik itu darat maupun hewan laut. KBS ini memiliki luas sekitar 30.500 m2 dan letaknya juda yang sangat strategis di Surabaya. Jangan heran jika kebun binatang ini dulunya pernah mendapat gelar kebun binatang terlengkap se Asia Tenggara. Jadi jangan ragu-ragu jika ke Surabaya untuk mampir ke kebun binatang Surabaya ini.

Pantai kenjeran Surabaya

tempat rekreasi di surabaya

Terletak di sebelah timur Surabaya tepatnya di Kecamatan Kenjeran terdapat sebuah pantai indah dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau pasangan baru. Memiliki dua tempat yaitu Kenjeran lama dan Kenjeran baru namun keduanya sama-sama memiliki keindahan agung ditambah angin sepoi-sepoi. Namun juga memiliki perbedaan yaitu juka kenjeran lama Anda dapat menikmati pantai, memancing, berlayar atau membeli ikan segar. Sementara di kenjeran baru selain pemandangan pantai, Anda juga bisa berolahraga seperti main tenis, balap motor, pacuan kuda, memancing dan juga berebang. Tidak perlu kuatir tentang fasilitas yang ada, karena juga tersedia toilet dan tempat ibasah seperti Musolla. Maka dari itu sangat disayangkan jika tidak mencoba untuk liburan ke wisata bahari di Surabaya ini.

Tempat Wisata di Surabaya di atas merupakan destinasi terkenal dan banyak dikunjungi. Jadi semua tergantung dari Anda, wisata mana yang akan dipilih untuk refreshing. Semoga artikel ini dapat memberikan refrensi tujuan liburan Anda.

Artikel terkait