// //

Tips Penting Berlibur ke Wisata Bromo

tips wisata bromo, paket wisata bromo, bromo tour

Tips Penting Berlibur ke Bromo yang Wajib Diketahui

Tips ke Bromo -  Gunung Bromo salah satu tujuan wisata alam terkemuka dan menjadi destianasi wisata alam di Jawa Timur. Tak lengkap rasanya bagi orang berlibur di lintas Jawa Timur tanpa mengunjungi objek wisata yang satu ini. Gunung yang tidak terlalu menjulang ke atap langit, namun keindahanya patut di acungi dua jempol sekaligus. Tak sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara silih berganti mengunjungi gunung yang berketinggian 2.940 mdpl ini. Salah satu keindahan yang menjadi magnet para wisatawan adalah keindahan matahari terbit, dan panorama gunung Bromo, batok serta gunung semeru. Untuk melihat semua panorama tersebut, kita harus berdiri di atas puncak yang berketinggian 2700 mdpl yang sering di sebut dengan gunung penanjakan. Suhu dingin yang begitu menggigit menjadi tantangan klasik utamanya bagi wisatawan yang tak terbiasa tinggal di dataran tinggi. Sementara suhu di area wisata gunung Bromo mencapai 10 hingga 5 derajat celcius.

Tips Wisata ke Bromo - Secara geografis, terletak di antara 4 kabupaten. di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Malang, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Lumajang dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan. Jadi dari keempat kabupaten tersebut dapat di jadiakan akses untuk menuju ke gunung bromo. Namun kita harus bisa memilih yang lebih tepat, supaya masa, tenaga dan biaya tour lebih efisien. Ada beberapa tip penting yang harus kita ketahui sebelum berlibur di gunung bromo. diantaranya sebagai berikut:

Jadwal Tour

Pastikan tanggal yang benar - benar kosong dari masa  sibuk anda. Karena waktu yang terbatas kurang memuaskan anda selama di perjalanan. bahkan kita kurang menikmati dan terkesan tergesa - gesa di saat anda menikmati suatu keindahan alam yang jarang kita temui di sekitar kita tinggal. Bagi anda yang berasal dari luar daerah khusunya, minimal kita butuh waktu 2 hari  atau yang kategorikan Paket Wisata Bromo 2 hari - 1 malam, jika kita melalui akses udara. beda halnya, jika kita melalui jalur kereta kita butuh waktu 3 hari.

Reservasi Hotel / Penginapan 

Tips ke Bromo selanjutnya Bila anda sudah menemukan jadwal perjalanan yang pas, kita harus segera booking kamar hotel yang sesuai dengan kapasitas peserta yang anda bawa. Pilihlah penginapan murah dan fasilitas memadai. Tipe hotel yang tersedia di kawasan gunung Bromo, secara global bertaraf hotel melati. Kalau kita membahas masalah fasilitas, secara keseluruhan sudah setara dengan taraf hotel bintang 3. Tetapi, kalau kita membicarakan tentang harga, itu tergantung jarak dari hotel ke lokasi wisata. Yang terpenting kita harus menyediakan failitas untuk bermalam terlebih dahulu, bahkan kita harus reservasi hotel 2 bulan sebelum jadwal yang sudah anda tentuakan. Karena sering terjadi, menggagalkan rencana untuk berlibur di gunung bromo hanya masalah, tidak dapat tempat penginapan.

Reservasi Jasa Transport 

Tak sedikit pengunjung objek wisata gunung Bromo berasal dari luar daerah bahkan dari luar negara. Bahkan mereka yang sudah landing dari pesawat atau keluar dari kereta di Surabaya atau Malang, untuk sampai ke hotel tujuan di sekitar Bromo, harus menyewa atau pakai jasa antar taxi. Dalam mencari jasa antar jemput Surabaya / Malang - hotel di Bromo kita harus lebih selektif dalam mencari harga. Terkadang Kalau kita mencari jasa tranportasi secara mendadak, kita malah di jadikan kesempatan bagi para agent, driver dengan tarif mahal. Maka dari itu, alangkah baiknya, kita booking transportasi sebelum tanggal keberangkatan anda. Jadi setelah anda tiba di Surabaya atau Malang, anda bisa langsung menuju hotel yang telah di reservasi.

Di saat pagi hari kita harus menuju ke gunung penanjakan, untuk menikmati keindahan matahari tebit, perjalanan dari hotel, kita harus pakai jasa antar jeep atau hardtop. Sering terjadi saat waktu libur panjang,  jasa sewa jeep di Bromo mengalami full order. Sehingga banyak wisatawan tidak dapat menikmati keindahan matahari terbit. Bahkan mereka harus menunggu sampai siang hari untuk bisa turun ke lautan pasir gunung bromo. Jika anda kesulitan untuk mereservasi sendiri sebelum waktu liburan, anda bisa melalui travel agent bromo atau melalui pihak hotel yang sudah anda booking untuk bermalam.

tips ke bromo, tips ke gunung bromo, paket wisata bromo

Pelindung Dingin 


Di setiap kita berkunjung di tempat wisata alam yang berkaitan dengan dataran tinggi, tentu kita tak akan terhindar dari suhu dingin. Lebih - lebih jika kita berlibur di gunung bromo pada saat musim kemarau, suhu di gunung bromo bisa mencapai 5 derajat celcius. Agar anda lebih nyaman ketika menikmati keindahan alam di gunung bromo, anda harus menyediakan jaket, sepatu, sarung tangan, celana panjang,dan lain sebagainya.

Siapkan Kamera 

Kamera salah satu alat elektronik dapat menjadi penyimpanan suatu gambar menarik dan indah menurut penglihatan masing - masing orang. Tentu sangat di sayangkan, jika berkunjung ke suatu tempat, di mana tempat tersebut dapat memancarkan suatu keindahan tanpa adanya persiapan kamera untuk menyimpan suatu keimdahan yang indah. Seperti halnya, ketika kita berkunjung di wisata alam gunung bromo. Gunung bromo memiliki banyak keindahan yang dapat di explorasi sesuai dengan keinginan kita. Disetiap pengunjung di gunung bromo, kususnya pagi hari, hampa rasanya melihat keindahan alam yang begitu luar biasa, tanpa memotret keindahan tersebut, untuk di jadikan sebuah moment yang bisa kita abadikan. Maka dari itu, kamera salah satu bekal utama di saat berwisata di gunung bromo.

Menggunakan Jasa Tour Guide (Pemandu)

Demi kenyamanan dan perlindungan selama kita berlibur di gunung bromo, ada baiknya untuk menggunakan layanan jasa pemandu. Di sisi lain, dengan pendamping seorang peandu, kita merasa di perhatikan dengan pemberian informasi penting. Sehingga agenda liburan kita bisa tertata sesuai dengan keinginan yang kita harapkan. Di saat liburan panjang tiba, gunung bromo di padati banyak pengunjung dari setiap penjuru di dunia. Bahkan kita sampai tidak kebagian tempat untuk mengambil gambar atau berfoto. Akan tetapi, jika kita membawa seorang pemandu, kita akan di carikan tempat / spot yang lebih nyaman, Sehingga kita bisa lebih nyaman dan bebas berfoto, sesuai dengan selera gaya yang kita suka.

Menyediakan Obat - Obatan

Terkadang susah tubuh kita untuk bisa langsung beradaptasi dengan tempat yang bersuhu dingin. Suhu di gunung bromo bisa mencapai 5 derajat celsius. Di saat kita berlibur di gunung bromo, yang menjadi faktor lemahnya daya tahan tubuh kita adalah suhu dingin. Alangkah baiknya, sebelum keberangkatan anda ke gunung bromo, untuk tidak melupakan membawa obat - obatan sebagai antisipasi, jika terjadi penurunan daya tubuh.
cara liburan ke bomo, wisata bromo, liburan bromo

Menggunakan Jasa Travel Agent

Jasa Travel Agent solusi atau akses untuk mempermudah segala rencana berwisata di suatu tempat. Melalui jasa travel agent, ada kenyaman tersendiri selama berlibur. Seperti halnya saat kita berwisata di gunung bromo. Dengan menggunakan jasa travel agent semua fasilitas tinggal kita nikmati sesuai permintaan. Tanpa harus besusah payah menelpon sana - sini untuk mengkondisi fasilitas sebelum keberangkatan. Fasilitas penting di saat berwisata di gunung bromo terdiri dari transport, sewa jeep di bromo, hotel, sewa kuda dan lain sebaginya.