// //

Pantai Balekambang Tanah Lot-nya Malang Jawa Timur

pantai balekambang
Pantai Balekambang, ya.. wisata pantai ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan salah satu wisata pantai di pulau Dewata, Tanah Lot namanya. Hingga saat ini pantai Balekambang Malang ini di juluki sebagai Tanah Lot-nya Malang Jawa Timur. Berbeda dengan pantai Papuma, tidak hanya penampilannya saja yang sama, akan tetapi Balekambang sendiri juga mempunyai pura suci bernama Amerta Jati atau biasa disebut Pura Ismoyo. Dibangun pada tahun 1995 pada masa Bupati Edi Slamet Malang. Yang mana digunakan sebagai tempat beribadah bagi warga beragama Hindu di acara-acara besar seperti "suro" dan "Jalanidha Puja". Wisatawan yang berkunjung diperbolehkan memasukit pura dengan melewati jembatan yang terbuat dari beton kuat. Namun, bagi wanita yang mengalami masa mens diharamkan memasuki pure suci tersebut. Pantai ini termasuk pantai pesisir lautan samudra Hindia dengan jenis pasir putih halus. Jadi Wisatawan dapat menikmati pemandangan dengan puas apa lagi jika sunset akan menciptakan panorama siluet yang indah.

lokasi pantai balekambang malang

Rute Dan Lokasi Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang Malang terletak di daerah Malang Selatan, tepatnya di Desa Srigoco Kecamatan Bantur dan 50 km dari arah Kepanjen serta 65 km dari Kota Malang. Jika dulu sebelum ada perbaikan dari pemerintah daerah, jalan menuju pantai Balekambang sangat susah. Namun sekarang telah ada perbaikan dan bisa di lalui kendaraan bermotor. Menuju ke pantai ini cukup mudah, namun tidak bisa menggunakan transportasi umum karena tidak ada angkuta umum atau bus yang menuju ke arah Srigoco. Lalu bagaimana kita bisa menikmati pemandangan pantai Balekampang ini?. Satu-satunya cara yaitu menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan. Karena jalan menuju Pantai Balekambang cukup besar maka Anda bebas untuk membawa motor maupun mobil. Perjalanan normal dari alun-alun Kota Malang menuju lokasi pantai selatan balekambang melewati Kepanjen memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Tiket Masuk Pantai Balekambang

Banyak yang menanyakan berapa harga tiket ke pantai Balekambang ini. Sebenarnya seberapa mahal pun tiket menuju pantai selatan ini harus dapat Anda kunjungi. Harga bukanlah alasan untuk dapat menikmati pemandangan pantai sekaligus mandi di sepanjang pesisir. Harga tiket masuk pantai Balekambang yaitu Rp. 20.000. Namun tiket tersebut belum termasuk parkir kendaraan motor atau mobil yang Anda bawa untuk mengeksplor pantai ini. Harga tiket juga belum termasuk fasilitas di daerah wisata seperti kamar mandi air tawar yang disediakan oleh penyedia jasa agar pada saat selesai mandi air laut bisa langsung membersihkan ditempat. Harganya juga murah sekitar Rp.3000 an sudah bisa membersihkan diri dan jangan lupa bawa baju untuk bersalin.

tiket masuk balekambang, harga tiket masuk pantai balekambang

Fasilitas di Pantai Balekambang

Kamar mandi air tawar juga termasuk fasilitas namun bukan resmi. Akan tetapi di Pantai Balekambang ini juga terdapat fasilitas yang dikhususkan untuk wisatawan dari berbagai daerah dan berbagai kalangan. Adapun fasilitas yang paling banyak digemari disini yaitu Fliying Fox. Namun Wahana ini hanya bisa dinikmati padagari sabtu saja tisak untuk hari lain. Selain itu menuku ke Pantai Wisata Balekambang Malang tidak perlu membawa bekal makanan karena sudah ada banyak masyarakat sekitar yang membuka toko atau warung makanan di sepanjang pantai. mulai dari minuman kelapa muda hingga makanan khas Malang ada disini. Jika ingin membawa oleh-oleh cinderamata khas Balekambang juga terdapat banyak toko menjual baju pantai, asesoris seperti topi, kalung, gandolan kunci yang bertuliskan Pantai Balekambang Malang.

Itulah ulasan wisata pantai Balekambang yang mirip dengan Tanah Lot di pulau Bali. Demikian artikel ini kami buat dengan sepenuh hati untuk memberikan informasi kepada seluruh warga negara Indonesia. Semoga kita tetap bisa menjaga lingkungan wisata dan kekayaan budaya yang kita miliki.


Artikel Menarik Lainnya


image from wisatakebromo.com